5 Persiapan Penting sebelum Anak Kembali Sekolah

Spread the love

Wabah covid-19 sampai saat ini belum berakhir. Anak-anak yang sekolah online mulai jenuh dan bosan. Bahkan sekolah online kadang membuat mereka kesulitan untuk memahami mata pelajaran yang disampaikan gurunya.

Pemerintah telah melakukan wacana untuk menerapkan kembali sekolah tatap muka dengan beberapa ketentuan yang wajib diikuti sekolah di tiap wilayah. Pabrik kaos kaki mulai beroperasi dengan normal karena sudah ada wacana sekolah tatap muka.

Aktivitas sekolah tatap muka sebentar lagi dimulai, maka orang tua harus mempersiapkan diri untuk menghadapi sekolah new normal. Tak hanya mempersiapkan kebutuhan anak untuk berangkat sekolah, orang tua juga harus mengajarkan anak tentang protokol kesehatan.

Mempersiapkan Anak Kembali Sekolah Tatap Muka

Kementerian Pendidikan telah memberikan wacana sekolah tatap muka akan diadakan pertengahan tahun 2021. Banyak orang tua yang masih tidak setuju adanya sekolah tatap muka. Tapi ada juga orang tua yang sudah siap membiarkan anaknya sekolah.

Skema aktivitas di sekolah juga sudah dirancang dengan matang oleh kementerian pendidikan. Oleh sebab itu sebagai orang tua, kita patut mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  1. Berikan Edukasi Tentang Hidup New Normal pada Anak

Sebelum anak memasuki sekolah tatap muka, orang tua wajib memberi edukasi tentang hidup new normal. Tujuannya adalah agar anak bisa memahami apa yang sedang terjadi dan bagaimana efeknya pada kehidupannya.

Kita harus memberi penjelasan pada anak agar ikut protokol kesehatan seperti wajib memakai masker dan mencuci tangan. Edukasi dari orang tualah yang menjadi kunci suksesnya sekolah tatap muka karena anak sudah mengerti konsep hidup new normal.

  1. Siapkan Kebutuhan Dengan Matang

Persiapkan segala kebutuhan sekolah anak dengan matang. Seperti seragam sekolah, kaos kaki, masker dan jaket. Lebih baik anak harus berganti seragam dan kaos kaki setiap hari agar terhindar dari virus.

Hal ini dibuktikan dengan pabrik kaos kaki yang memiliki permintaan pasar yang meningkat sebelum sekolah tatap muka dimulai. Akan lebih baik jika anak bisa berganti seragam setiap hari karena sebagai orang tua, kita tidak tahu bagaimana aktivitas anak kita di sekolah.

  1. Ingatkan Kembali Bahaya Covid-19

Anak harus tetap diingatkan bahaya covid. Tidak baik menutupi bahaya dari pandemi ini. Hal ini bertujuan agar anak bisa mengerti dan mengikuti peraturan yang ada.

Jika anak mengerti seperti apa bahaya covid-19, maka anak akan sadar bahwa ia harus menjaga kesehatan dengan rajin cuci tangan, pakai masker dan tidak berkerumun.

Sekolah akan mengawasi selama anak sekolah, namun guru tidak bisa mengawasi per siswa. Oleh sebab itu kita wajib menyadarkan pada anak kita bahwa yang bisa menjaga dirinya adalah diri anak itu sendiri.

  1. Siapkan Bekal

Memasuki sekolah new normal, orang tua bisa menyiapkan bekal sendiri dari rumah. Tujuannya agar anak bisa menjaga kebersihan di sekolah dan tidak perlu jajan disekolah. Bekal yang dibuat orang tua tentu lebih bersih dan sehat.

  1. Bekali Protokol Kesehatan Di Tas Anak

Orang tua akan cemas ketika anaknya mulai berangkat sekolah. Jadi untuk mengurangi kecemasan, ajarkan pada anak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Bekali anak dengan handsanitizer, masker cadangan dan botol minum sendiri agar anak bisa menjaga dirinya. Pabrik kaos kaki juga menyiapkan ribuan stok agar orang tua bisa membeli banyak kaos kaki untuk anak berganti setiap hari.