6 Kesalahan Berolahraga Ini Perlu Kamu Ketahui

Spread the love

Ketika melakukan olahraga maka ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan karena jika salah dalam melakukan gerakan maka bisa menyebabkan hal yang membahayakan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk para pemula saja yang sedang mulai melakukan rutinitas olahraga, tetapi juga para atlet. Ada banyak kesalahan yang biasanya dilakukan oleh orang ketika melakukan olahraga sehingga bisa berakibat fatal.

Kesalahan Dalam Berolahraga

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang perlu dihindari ketika melakukan olahraga.

  1. Melakukan peregangan sebelum kardio

Melakukan peregangan merupakan hal yang wajar untuk dilakukan sebelum berolahraga. Namun perlu diketahui bahwa hal ini bukan untuk dihindari sebelum melakukan latihan kardio karena mampu menghambat cardio serta kinerja pada seluruh tubuh ketika sedang melakukan latihan kardio. Jika melakukan peregangan sebelum cardio maka bisa membuat berlari lebih lambat atau menyebabkan cedera. Cara ini sebenarnya sangat baik dilakukan setelah melakukan peregangan.

  1. Periode istirahat yang panjang

Setelah melakukan olahraga memang butuh istirahat sehingga tubuh akan terasa lebih relaks lagi. Namun usahakan untuk menghindari periode istirahat yang panjang sehingga bisa menyebabkan otot tidak beristirahat dengan baik. Istirahatlah dengan waktu yang wajar karena dengan demikian maka bisa meningkatkan daya tahan otot sehingga olahraga yang dilakukan berkualitas.

  1. Terlalu banyak latihan

Olahraga secara rutin memang disarankan tetapi tidak boleh terlalu banyak latihan. Jika berlebihan dalam berolahraga maka akan ada bahaya yang bisa ditimbulkan sehingga menyebabkan tubuh menjadi kehabisan energi. Kecepatan latihan serta rutinitas dari olahraga harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh sehingga olahraga bisa memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Apabila latihan terlalu sering dan cepat muka bisa menyebabkan cedera sehingga usahakan untuk tetap menjaga ketahanan tubuh karena olahraga harus sesuai dengan kemampuan dan porsinya.

  1. Latihan sama dan berulang dan diforsir

Banyak yang mengira bahwa dengan melakukan latihan atau gerakan olahraga secara berulang, merupakan hal yang baik. Namun pada kenyataannya hal ini tidak benar sepenuhnya, karena jika hal ini dilakukan terlalu lama dan berulang-ulang merupakan kesalahan. Untuk itu usahakan tidak memforsir latihan atau olahraga, karena hal ini akan sangat mempengaruhi ketahanan tubuh. Latihanlah dengan rutin tetapi sesuai dengan kapasitasnya, sehingga tubuh pun bisa menerimanya dengan baik. Namun banyak orang yang melakukan kesalahan ini, di mana ketika berolahraga, justru latihan tersebut diforsir.

  1. Melewatkan Peregangan

Pendinginan atau peregangan ini wajib dilakukan bagi orang-orang yang telah melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Pendinginan ini kebalikan dari pemanasan. Jika pemanasan dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik, pendinginan ini dilakukan setelahnya. Tujuan dari peregangan atau pendinginan adalah untuk mendinginkan tubuh setelah melakukan serangkaian latihan sehingga tubuh akan merasa rileks kembali setelah merasa lelah. Pendinginan ini dilakukan dengan gerakan yang lambat sehingga tidak merasakan pusing setelah berolahraga. Dengan melakukan pendinginan juga bisa terhindar dari kram otot dan mampu mendinginkan detak jantung. Apabila pendinginan ini dilewatkan, maka tubuh akan merasa lelah dan bisa menyebabkan kram otot.

  1. Mengabaikan nutrisi

Salah satu kesalahan yang banyak ditemukan adalah melakukan olahraga tetapi dengan mengabaikan nutrisi di tubuh. Padahal tubuh membutuhkan keseimbangan, baik latihan fisik, nutrisi, istirahat, dan lain sebagainya. Dengan mengimbanginya dengan nutrisi, maka tubuh bisa mendapatkan output terbaik dari olahraga yang dilakukan. Jika tidak diimbangi dengan nutrisi yang baik, maka biasanya tubuh pun akan mudah terserang penyakit.

Mengapa Perlu Berolahraga Dengan Baik?

Dalam melakukan olahraga, berbagai hal harus diperhatikan dengan baik. Kesalahan-kesalahan dalam melakukan aktivitas fisik perlu untuk diminimalisasi. Persiapan sebelum melakukan olahraga dan setelahnya perlu untuk dilakukan seperti halnya peregangan. Tujuannya adalah sebagai berikut.

  • Tidak terjadi kram otot

Banyak kasus kram otot yang terjadi dikarenakan berbagai hal seperti halnya karena tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga, tidak melakukan pendinginan setelahnya, atau melakukan gerakan olahraga yang salah. Jika berbagai hal terkait aktivitas fisik dilakukan dengan baik, maka kram otot tidak akan terjadi. Karena jika kram otot ini terjadi, biasanya latihan fisik bisa berhenti dalam waktu yang cukup lama sehingga bisa mengganggu rutinitas latihan.

  • Mudah membentuk otot

Salah satu tujuan kebanyakan orang melakukan olahraga adalah untuk bisa membentuk otot. Jika olahraga dilakukan dengan baik, maka otot tubuh akan mudah terbentuk dan tidak terjadi masalah. Untuk olahraga yang bisa membantu pembentukan otot adalah olahraga angkat beban.

  • Cepat dalam membakar kalori

Tujuan melakukan olahraga dengan baik adalah supaya kalori cepat terbakar. Salah satu tanda kalori terbakar adalah dengan keluarnya keringat. Jika olahraga tidak dilakukan dengan baik, maka kalori akan sulit terbakar, begitu juga dengan lemak yang ada di tubuh. Kebanyakan orang yang ingin kalori dan lemaknya terbakar dalam waktu cepat adalah mereka yang sedang melakukan program diet. Untuk itu, olahraga ini perlu untuk dilakukan dengan baik dan hindari kesalahan-kesalahan dalam latihan fisik.

Demikianlah beberapa penjelasan terkait dengan kesalahan yang sering dilakukan ketika melakukan aktivitas fisik. Sebisa mungkin hindarilah kesalahan-kesalahan tersebut sehingga outputnya akan bagus.