Alasan Pentingnya Memilih Pekerjaan Berdasarkan Tipe Kepribadian

Spread the love

Setiap orang tentulah memiliki kepribadian yang berbeda-beda antar individu. Hal ini pun yang membuat kepribadian juga akan mempengaruhi jenis pekerjaan yang dilakukan. Tes kepribadian saat ini pun menjadi salah satu jenis tes yang selalu dimasukkan dalam urusan recruitment. Dengan berbagai alasan nyatanya perusahaan akan mencari calon pegawai yang memiliki kepribadian yang cocok dengan calon pekerjaan yang akan di tempatkannya.

Jika pekerjaan yang dimiliki sama dengan kepribadian Anda tentu Anda akan merasa jauh lebih nyaman dalam menjalankan pekerjaan yang ada. Pekerjaan juga tidak terasa berat karena rasa nyaman diawal. Serta Anda juga bisa mengetahui kebutuhan pekerjaan seperti apa yang Anda inginkan. Jadi selain urusan gaji, maupun beban kerja, kenyamanan yang Anda sesuaikan dengan kepribadian juga tidak kalah penting untuk diperhitungkan.

Tips Ampuh Memilih Pekerjaan Berdasarkan Tipe Kepribadian

Sangat penting memilih pekerjaan sesuai dengan kepribadian. Apalagi pekerjaan itu tentunya akan Anda lakukan dalam jangka atau kurun waktu yang cukup lama. Tentunya Anda tidak ingin hanya berpindah-pindah pekerjaan karena merasa kurang sesuai. Untuk itu berikut bisa menjadi tips ampuh bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan sesuai dengan kepribadian yang dimiliki.

Pertama adalah jika Anda adalah tipe orang yang suka bersosialisasi. Jika Anda memiliki rasa sosial yang tinggi Anda merasa jika melihat orang lain dalam keadaan kurang baik atau keadaan sulit Anda merasa dekat dan memiliki cukup tanggung jawab. Pekerjaan di bidang sosial pun bisa menjadi opsi yang menyenangkan. Misalnya Anda menjadi pekerja sosial, humas, perawat dan masih banyak lagi opsi lain yang akan membuat Anda merasa nyaman dalam pekerjaan.

Tapi jika Anda lebih suka menganalisa, atau Anda masuk dengan kepribadian analitis tentu Anda jauh lebih kritis dalam berbagai hal. Tes kepribadian biasanya akan memperlihatkan pribadi dari berbagai aspek. Jika Anda tipe yang seperti ini tentunya untuk menarik kesimpulan saja butuh waktu cukup lama. Pekerjaan yang cocok Anda lakukan seperti pengajar, dokter, software engineer maupun berbagai pekerjaan yang membutuhkan analisa lebih.

Namun jika Anda menyukai tantangan atau bahkan persaingan dalam dunia kerja. Tentu saingan yang dimaksud di sini adalah persaingan yang sehat. Mungkin Anda ingin mendapatkan target tertentu dalam pekerjaan. Atau Anda memiliki goals tertentu dalam sebuah pekerjaan. Pekerjaan yang cocok Anda lakukan adalah misalnya saja tim leader, spv, manager ataupun berbagai pekerjaan dengan tantangan cukup krusial.

Bagaimana Sih Cara Tes Kepribadian?

Selain beberapa penjelasan yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja Anda harus mengetahui dulu kepribadian yang Anda miliki. Terkadang apa yang Anda rasakan itu berbeda jika dipandang dari segi medis atau segi lainnya. Tentunya sebelum Anda bisa memilih pekerjaan yang di inginkan Anda bisa mengikuti tes untuk melihat kepribadian yang Anda miliki. Jadi sebelum memilih pekerjaan dan sebelum memiliki tes formal Anda bisa mengira-ngira pekerjaan yang akan dibutuhkan.

Saat ini untuk tes tentu saja tidak terlalu sulit. Mungkin di benak Anda harus mendatangi ahli psikologi untuk melakukan tes. Tapi tenang saja saat ini sudah banyak website online yang menawarkan tes. Tentu saja akurasi yang didapatkan memang tidak 100%. Kepribadian pun bisa jadi tidak mempengaruhi pekerjaan. Namun jika Anda ingin mencoba tes langsung saja klik di tes kepribadian  lantas Anda bisa melihat pekerjaan apa yang cocok Anda lakukan.