Jenis Minyak Goreng Yang Bagus Untuk Diet

Spread the love

Bagi banyak orang, berat badan adalah salah satu hal yang sering jadi perhatian utama. Memiliki tubuh dengan berat yang ideal tentunya memiliki beragam manfaat. Pertama tentunya badan kita akan terasa lebih sehat sehingga bisa bebas beraktivitas dan juga terhindar dari beragam penyakit. Manfaat yang kedua adalah membuat penampilan kita juga lebih menarik dan tidak membuat susah saat harus memilih pakaian yang kita inginkan. Tak heran jka banyak orang yang mulai melakukan diet dan memperhatikan apa saja yang mereka asup dan bagaimana cara memasaknya, termasuk juga soal minyak yang digunakan. Umumnya kita sering menggunakan minyak goreng sawit terbaik untuk memasak. Akan tetapi, ada beberapa jenis minyak goreng yang bagus untuk menunjang diet Anda.

Jenis Minyak Goreng Untuk Diet

Seperti ynag disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis minyak goreng yang cocok untuk Anda yang sedang menjalankan diet. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Minyak zaitun

Jenis minyak yang satu ini memang sering kali jadi pilihan bagi mereka yang sedang berdiet. Minyak zaitun sendiri dianggap jadi minyak yang sehat karena kandungan di dalamnya. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Selain itu, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang disebut polifenol. Tak heran jika minyak zaitun mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular ataupun stroke. Biasanya minyak zaitun dipakai untuk menumis, sedangkan minyak zaitun extra virgin digunakan sebagai campuran salad.

  1. Minyak canola

Minyak canola juga jadi minyak yang digunakan untuk program diet. Meskipun tidak sebagus minyak zaitun, minyak canola tetap memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Minyak ini juga memiliki kandungan antioksidan dan juga lemak omega 3. Karena titik didihnya yang tinggi, membuat minyak ini sangat serbaguna untuk digunakan dan jelas bisa dipakai untuk menggoreng.

  1. Minyak bunga matahari

Bunga matahari yang indah ternyata tidak hanya menghasilkan kuaci saja lho, tapi juga bisa menghasilkan minyak. Minyak bunga matahari sendiri adalah salah satu jenis minyak yang sehat. Minyak yang satu ini punya beragam kandungan yang baik seperti asam oleat, asam phenolic, dan betain. Selain itu, kandungan ini tidak akan hilang meski berada di suhu tinggi lho.

  1. Minyak jagung

Minyak yang satu ini memiliki lemak jenuh yang lebih rendah jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit. Selain itu, minyak jagung punya kandungan asam linoleat, oleat, dan lemak tak jenuh yang tinggi sehingga bagus untuk menurukan kadar kolesterol dalam tubuh.

Apakah Minyak Sawit Tidak Cocok Untuk Diet?

Banyak yang beranggapan jika minyak sawit tidak cocok untuk mereka yang sedang diet. Hal ini dikarenakan minyak kelapa sawit punya lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Hal ini bisa dibilang tepat, namun tidak selamanya begitu. Saat ini sudah ada produsen minyak kelapa sawit yang membuat minyak goreng sawit terbaik yang bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Dengan pengolahan yang terbaik, tentunya produk minyak sawit yang dihasilkan memiliki lemak jenuh yang lebih rendah jika dibandingkan dengan merek minyak sawit lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menurunkan kadar kolesterol dan terbantu untuk menurunkan berat badan dengan harga yang yang lebih murah ketimbang jenis minyak lain yang pastinya sangat mahal.

Itulah tadi beberapa jenis minyak goreng yang dianggap bagus untuk mereka yang sedang berdiet. Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan minyak tersebut, Anda tetap bisa menggunakan minyak goreng sawit terbaik yang punyak lemak jenuh rendah sehingga program diet Anda bisa tetap berjalan lancar.