Memilih Lantai Vinyl Vs Lantai Keramik. Mana yang Lebih Bagus?

Spread the love

Saat ini ada banyak sekali inovasi bahan bangunan yang bisa dipakai oleh masyarakat luas sesuai dengan budget yang ada. Diantaranya adalah bahan Vinyl lantai. Bahan pengganti alas lantai yang satu ini kerap dipakai untuk menggantikan keberadaan lantai keramik. Biasanya masyarakat kalangan atas yang menggunakan bahan ini karena harganya masih terbilang cukup mahal.

Beberapa Perbedaan Lantai Vinyl Dengan Lantai Keramik

Kali ini Kita akan membahas tentang perbedaan yang dimiliki oleh lantai vinyl dengan lantai keramik untuk memberikan informasi khusus untuk Anda. Sehingga Anda bisa menentukan untuk memilih lantai keramik atau vinyl untuk rumah idaman Anda nantinya.

  1. Tampilan

Perbedaan yang pertama adalah dari segi tampilan. Dimana untuk lantai vinyl memiliki tampilan yang lebih elegan dan mewah karena memiliki berbagai macam motif terbaik. Selain itu, proses pemasangan yang praktis membuat Vinyl lantai pun mudah untuk diaplikasikan sehingga terlihat rapi dan nyaris seperti tekstur kayu yang asli.

Berbeda dengan tampilan lantai keramik yang terlihat biasa saja, meski saat ini sudah banyak lantai keramik bermotif yang bisa Anda gunakan. Dari tampilannya saja sudah terlihat perbedaan jauh lantai vinyl dengan keramik.

  1. Harga

Jika dilihat dari segi harga, untuk lantai vinyl jelas lebih mahal ketimbang lantai keramik. Jika lantai keramik Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di berbagai toko bangunan. Namun tidak untuk lantai vinyl. Saat ini belum semua toko bangunan menjual lantai vinyl dengan berbagai macam motif. Jikalau ada pun jumlahnya masih terbatas.

  1. Proses pemasangan

Kemudian perbedaan yang selanjutnya adalah dari segi proses pemasangan lantai. Untuk lantai vinyl ternyata cukup mudah dan cepat pemasangannya. Sehingga untuk memasang lantai vinyl selain lebih menghemat tenaga tukang juga menghemat waktu serta biaya pemasangan. Jadi meski harga lantai vinyl masih terbilang mahal, namun karena proses pemasangan tak seribet memasang lantai keramik masih terbilang terjangkau untuk harga.

Sedangkan untuk lantai keramik, pemasangannya cukup sulit bahkan membutuhkan biaya tambahan untuk semen, pasir serta waktu yang cukup lama untuk memasangnya dengan baik. Untuk memasang lantai keramik juga butuh tenaga tukang yang profesional agar supaya bisa terpasang dengan baik.

  1. Rekomendasi penggunaan

Lantai vinyl direkomendasikan untuk penggunaan di dalam ruangan saja. Karena sifatnya yang tidak tahan terhadap panas atau dingin dalam jangka panjang. Meski bisa dipel namun disarankan untuk membersihkannya dengan penyedot debu untuk menghindari goresan pada lantai vinyl. Meski begitu lantai vinyl termasuk awet dan tahan lama untuk dipakai.

Sedangkan untuk lantai keramik bisa digunakan di mana saja baik di dalam maupun di luar ruangan. Meski begitu lantai keramik mudah pecah apalagi jika terkena panas matahari. Lantai keramik mudah memuai sehingga rentan pecah yang berakibat Anda harus mengganti lantai secara keseluruhan.

  1. Ketersediaan lantai

Kemudian untuk ketersediaan lantai vinyl masih terbilang cukup jarang karena belum banyak orang yang berminat untuk memasang lantai vinyl. Cukup sulit menemukan Vinyl lantai yang sesuai sehingga mungkin Anda harus membelinya di kota lainnya yang menyediakan lantai vinyl sesuai kebutuhan Anda.

Sedangkan untuk lantai keramik bisa dibilang hampir selalu ada di setiap toko bahan bangunan yang ada di sekitar Anda. Berbagai macam motif, ukuran hingga kualitas bisa Anda pilih sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Kelebihan Menggunakan Lantai Vinyl Untuk Alas Lantai Rumah Anda

Lantai vinyl memiliki banyak kelebihan meski memiliki harga yang lumayan mahal. Yang pertama adalah dimana lantai vinyl memiliki kesan rumah terlihat lebih elegan dan mewah. Terutama jika Anda menggunakan lantai vinyl dengan motif kayu. Maka lantai vinyl akan terlihat lebih natural dan original seperti kayu asli.

Kelebihan yang kedua adalah permukaan lantai vinyl yang empuk dan tidak keras karena terbuat dari bahan semacam karet. Lantai semacam ini sangat tepat dipakai untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah. Sehingga lantai terasa lebih empuk dan nyaman untuk mereka pijak. Sekian ulasan tentang Vinyl lantai yang bisa Kami bagikan untuk Anda.