Mengintip Cara Menyusun RPP yang Efektif

Spread the love

Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang efektif tentu saja membutuhkan waktu, pengalaman, serta pemahaman yang baik terkait pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik Anda apalagi dalam penyusunan RPP SD. Tujuan penyusunan dari RPP itu sendiri tentu saja untuk memotivasi para peserta didik agar mampu memahami segala materi dan menguasainya dengan baik. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa panduan untuk meningkatkan efektivitas dari pembelajaran yang Anda sampaikan.

Bagaimana Menyusun Kerangka Dasar RPP?

Agar pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik mampu tersampaikan dengan baik sehingga setiap siswa dapat menguasai dan memahami materi pembelajaran maka perlu penyusunan kerangka dasar RPP yang matang. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menyusun kerangka dasar RPP antara lain.

  1. Mengetahui tujuan pembelajaran

Sebelum memulai pembelajaran Anda perlu menjelaskan kepada para peserta didik apa yang Anda harapkan dari materi yang akan disampaikan. Anda juga dapat menggunakan media lainnya yang dapat membantu Anda menyampaikan pembelajaran baik melalui video pendek ataupun permainan.

  1. Menggunakan penjelasan yang paling umum

Gunakanlah penjelasan yang paling umum  namun mampu menggambarkan pokok materi yang disampaikan agar lebih mudah dipahami para peserta didik.

  1. Merancang alokasi waktu pembelajaran

Menyusun alokasi waktu pembelajaran sangat membantu untuk membagi RPP menjadi beberapa bagian-bagian, dimana setiap bagian tersebut dapat dipercepat atau diperlambat sesuai dengan pokok pikiran yang akan Anda sampaikan.

  1. Mengenali lebih jauh peserta didik

Setiap peserta didik tentunya memiliki gaya belajar yang berbeda-beda di mana ada yang lebih cepat menyerap informasi dengan melihat namun ada juga yang hanya menggunakan pendengaran dapat memahami informasi yang diberikan dengan baik. Kenali lebih jauh siswa atau peserta didik yang akan diajar, perhatikan apa yang telah mereka pahami dan di bagian mana yang belum dapat dimengerti. Setelah itu Anda dapat menyusun RPP SD sesuai dengan kelompok siswa serta menyiapkan rencana cadangan sesuai kebutuhan.

  1. Mencoba berbagai pola interaksi belajar

Pembelajaran yang telah Anda persiapkan tentunya perlu disampaikan dengan berbagai pola interaksi belajar yang memungkinkan. Karena kembali lagi setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda di mana ada peserta didik yang dapat belajar berkelompok atau pun lebih menyukai belajar sendirian.

Tips Bermanfaat Berkaitan dengan RPP

Setelah Anda memahami dan telah Memiliki gambaran secara jelas terkait cara cara merancang rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik dan efektif, beberapa penjelasan di bawah ini tentunya dapat membantu Anda untuk meningkatkan efektivitas dari RPP yang telah Anda susun.

  1. Selalu tinjau RPP yang telah Anda susun setelah pelajaran telah diselesaikan. Dengan melakukan hal tersebut tentunya Anda dapat mengevaluasi efektivitas dari RPP setelah dipraktikkan secara langsung. Hal ini tentunya dapat membantu Anda untuk melakukan tindakan selanjutnya sebagai upaya penyempurnaan.
  2. Bersiaplah untuk keluar dari RPP yang telah Anda susun karena di dalam praktek secara langsung ada berbagai kemungkinan dimana para siswa perlu dikondisikan untuk tetap fokus sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah Anda buat.
  3. Kemudian hal penting yang perlu diperhatikan yaitu menyesuaikan RPP dengan dinas pendidikan ataupun tempat Anda mengajar.
  4. Sampaikan secara singkat gambaran secara umum pembelajaran yang akan Anda berikan dengan bahasa yang sederhana. Informasikan pula targetan pembelajaran sebelum masuk ke dalam materi pelajaran paling tidak satu atau dua minggu sebelumnya.
  5. Kemudian Anda juga perlu menyampaikan jika para peserta didik diharapkan sanggup menjawab pertanyaan yang Anda berikan pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan RPP SD yang telah disusun.