Tips Memulai Fitness Bagi Pemula

Spread the love

 

Fitnes atau gym kini menjadi salah satu hal yang populer dan diminati oleh banyak orang terutama kaum laki-laki. Namun, ini tidak hanya diperuntukkan bagi kaum laki-laki saja tetapi juga perempuan. Bagi para pemula, fitness ini merupakan kegiatan yang cukup membingungkan. Ada banyak sekali peralatan fitness yang bisa digunakan dan cara penggunaannya pun berbeda-beda. Para pemula belum memahami dengan baik terkait dengan cara penggunaan alat tersebut dan bagaimana cara fitnes yang baik.

Cara Fitness Bagi Para Pemula

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan fitnes bagi para pemula antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Mencari informasi terkait fitness

Berbagai hal yang berkaitan dengan fitnes bisa dengan mudah didapatkan. Berbagai hal tersebut bisa didapatkan melalui berbagai sumber seperti halnya internet maupun buku panduan. Bagi para pemula, gerakan gerakan gym atau fitness ini masih membingungkan sehingga harus dipelajari dengan baik. Dengan mencari informasi detail terkait dengan gerakan fitnes atau cara untuk fitnes tentu bisa membantu para pemula untuk bisa menguasai gerakannya dan menggunakan alat-alatnya.

  1. Membuat jadwal latihan

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan bagi para pemula adalah dengan membuat jadwal latihan. Untuk para pemula usahakan latihan secara rutin maksimal 4 kali dalam seminggu. Bagi yang sudah mahir biasanya akan melakukan latihan sebanyak 6 kali dalam seminggu. Untuk setiap latihan usahakan dengan fokus pada satu atau dua gerakan saja. Misalnya pada latihan pertama berfokus pada otot dada dan perut bagian atas, latihan kedua fokus pada perut bagian bawah, dan lain sebagainya.

  1. Tentukan target realistis

Hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan karena target realistis itu lebih diutamakan dibandingkan dengan target yang terlalu tinggi. Untuk itu maka tentukanlah target dan tujuan mengapa harus melakukan fitnes atau Gym, apakah ingin membentuk tubuh yang ideal, menghilangkan lemak, dan lain sebagainya. Bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan cara fitnes maka target idealnya adalah turun 1 sampai 2 kg dalam 1 minggu. Inilah yang disebut dengan realistis, bukan turun dalam jumlah 5 kilo dalam seminggu.

  1. Memilih pelatih personal

Bagi para pemula yang ingin melakukan fitnes maka usahakan memilih pelatih personal sehingga bisa latihan dengan serius. Pelatih ini akan mengajarkan berbagai gerakan fitnes serta teknik yang benar sehingga target dari fitness ini akan bisa tercapai dengan cepat. Dengan menggunakan pelatih personal, fitness akan lebih efektif dan efisien.

Alasan Melakukan Fitness

Setiap orang memiliki tujuan masing-masing ketika akan melakukan fitnes. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa orang-orang melakukan gym atau fitness.

  1. Menurunkan berat badan

Orang yang melakukan fitnes dengan tujuan menurunkan berat badan tidak hanya laki-laki tetapi juga perempuan. Dengan fitness maka lemak atau kalori dalam tubuh bisa terbakar dengan cepat melalui gerakan gerakan yang dilakukan dengan peralatan fitness. Fitness ini bisa dikatakan sebagai olahraga yang ampuh untuk menghilangkan lemak di tubuh sehingga bisa menurunkan berat badan.

  1. Membentuk otot tubuh

Alasan lainnya melakukan fitnes adalah untuk membentuk otot tubuh sehingga tubuh menjadi terlihat lebih indah. Kebanyakan kaum laki-laki yang memiliki target ini karena memiliki tubuh yang berotot merupakan idaman.

Pada dasarnya ada banyak hal yang perlu dilakukan bagi para fitnes pemula sehingga bisa lebih cepat dalam menguasai gerakan fitnes. Meskipun melakukan fitnes, tetapi perlu untuk menyeimbangkan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Dengan demikian maka bisa lebih cepat dalam mencapai target memiliki tubuh yang ideal.