Hal Penting Bagi Anak Baru di Dunia Kerja

Spread the love

Bagi setiap orang yang sudah lulus, baik itu SMA, SMK, dan kuliah pasti akan menjajaki babak baru di hidupnya yaitu bekerja. Dengan segala bekal serta persiapan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, mereka bergegas untuk mulai menginjak dunia kerja yang baru mereka kenal. Mungkin sering sekali Anda temui jika para fresh graduate berbondong-bondong jika diadakan job fair ataupun jika loker Pekanbaru terbaru sudah mulai dibuka. Dengan ekspektasi tinggi, mereka mulai mengambil langkah mantap dalam memasuki dunia kerja. Namun, apakah gambarannya seperti itu?

Beberapa Fakta Tentang Dunia Kerja

Mungkin bagi sebagian orang membayangkan jika bekerja sangatlah menyenangkan. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda melihat beberapa fakta di bawah ini.

  1. Tidak selamanya perkerjaan berbaju rapi bergaji bagus

Bagi kebanyakan orang, mungkin sering menganggap jika pekerjaan yang bonafid adalah mereka yang berangkat ke kantor dengan pakaian yang rapi. Mengenakan kemeja rapi, dasi yang licin, serta jas yang necis menunjukkan ia bekerja di tempat prestisius dan bergaji besar. Sebenarnya tidak salah juga karena beberapa petinggi perusahaan harus memperhatikan penampilannya. Akan tetapi, tidak semua pekerjaan bergaji tinggi harus berpakaian rapi. Contoh, banyak perusahaan startup yang menggunakan baju non formal, pekerja freelancer yang bisa bebas mengenakan baju apa saja selama di rumah, bahkan pekerja tambang dan minyak di lapangan sering sekali haru berkotor-kotoran.

  1. Bekerja tidak harus selalu sesuai jurusan

Anggapan bahwa harus mengambil jurusan yang prospektif agar pekerjaan yang diambil bisa bergaris lurus dengan gelar memang tak salah. Akan tetapi, tidak semua pekerjaan harus sesuai dengan jurusan yang berkaitan. Ada banyak loker Pekanbaru terbaru untuk semua jurusan. Selain itu, keahlian seseorang di posisi tersebut lebih dicari dibanding hanya sekadar jurusan saja.

  1. Tidak selamanya koneksi berarti buruk

Sering sekali kita mengeluh saat kita tidak diterima kerja di suatu tempat karena alasan kalah dengan yang punya “orang dalam”. Padahal, bekerja karena punya koneksi tidak selalu buruk. Ada kalanya beberapa orang merekrut orang yang dikenalnya karena memang orang tersebut mampu dan sudah terpercaya. Lagi pula, beberapa orang yang punya koneksi ini juga hanya mengantarkan ke depan pintu gerbang, yaitu saat bertemu HRD. Setelah itu, proses penerimaan karyawan tetap jadi wewenang si HRD.

  1. Dunia kerja terkadang buruk, namun tidak semua begitu

Dunia kerja kadang memang tidak seperti yang kita bayangkan. Mulai dari gaji yang kecil, banyak jam lembur, persaingan tidak sehat, penolakan terus-menerus serta hal buruk lainnya. Akan tetapi, di balik awan hitam pasti akan selalu ada cahaya matahari yang menanti. Masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja yang sehat, jenjang karier yang jelas, serta pembelajaran yang baik. Dibalik itu semua, ada proses kehidupan yang mesti dijalani.

Tips Bagi Anak Baru di Kantor

Bagi Anda yang mendaftar di loker Pekanbaru terbaru dan diterima, tentu akan sangat membahagiakan bukan. Tapi, sebelum memulai hari baru di kantor, ada baiknya Anda mengingat beberapa tips berikut agar bisa sukses dalam beradaptasi.

  1. Cari tahu serta lihat kondisi kantor terlebih dahulu

Sebagai orang baru di kantor, tentu Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai segala sesuatu yang ada di kantor. Sebaiknya Anda mencari tahu bagaimana budaya serta beberapa peraturan yang mesti ditaati. Selain itu, di awal Anda sebaiknya lebih bisa menjaga kondisi diri dan lebih melihat serta mempelajari bagaimana kondisi di kantor.

  1. Usahakan supel namun tidak berlebihan

Sebagai anak baru, ada baiknya jika Anda mencoba berkenalan dengan beberapa orang yang mungkin akan sering berinteraksi dan bekerja dengan Anda. Pastikan impresi pertama saat bertemu adalah hangat dan juga ramah. Namun, sebaiknya tidak perlu berlebihan karena akan dianggap cari muka.

  1. Bangun citra baik

Pencitraan tidak selamanya buruk, khususnya di awal masuk kantor. Pastikan Anda melakukan sesuatu secara baik dan profesional. Mulai dari disiplin waktu, gaya berpakaian, hingga gaya berbicara serta bekerja juga harus diperhatikan betul.

  1. Berikan kinerja terbaik

Sebaik-baiknya citra jika tidak dibarengi dengan kinerja mumpuni sama saja bohong. Pastikan Anda mengerjakan tugas yang diberikan secara baik dan rapi. Berikan usaha yang terbaik di setiap hasil. Jika ada yang membutuhkan bantuan, ada baiknya Anda bisa turut membantu. Tentu jika Anda betul-betul mampu dan memang diizinkan.

Itulah tadi beberapa hal penting yang mesti diingat oleh para anak baru di dunia kerja. Bagi yang belum, tidak perlu bersedih karena ada loker Pekanbaru terbaru yang bisa Anda coba. Selamat bekerja!